Tuesday, May 3, 2011

Trik Mengamankan Jaringan Wireless

Wireless atau yang sering disebut banyak orang sebagai Wifi merupakan technology jaringan yang di minati dan banyak digunakan saat ini. Dengan keuntungan-keuntungan yang di miliki oleh wireless yaitu memberikan kemudahan dalam mengaksesnya. Kini wireless dapat dengan mudah kita temui dan nikmati di beberapa tempat, seperti restoran, kafe, taman, perpustakaan, plaza, kampus, sekolah, dan bahkan rumah. Dengan adanya perangkat wireless ini, orang-orang yang berada disekitar perangkat itu dapat mengakses jaringan Wireless tersebut dan dapat menikmati akses internet secara gratis.
          Nah...bagaimana kalau seandainya perangkat Wireless tersebut ada di rumah kamu??? Sudah pasti dong, tentunya tetangga kamu yang memiliki laptop atau Handphone yang memiliki fitur Wifi juga dapat mengakses jaringan kamu dirumah tanpa sepengetahuan kamu. Tapi kamu gak usah takut, karna li akan berbagi sedikit cara untuk mengamankan jaringan wifi kamu dirumah, agar tidak di gunakan sama tetangga-tetangga kamu.. :)

  1. Masuk ke konfigurasi wireless kamu menggunakan ip address wireless kamu melalui browser. Untuk ip wireless biasanya tertera di bawah perangkatnya. Pada kasus ini li menggunakan TP-LINK Type TL-WR541G



  2. Setelah interface perangkat wireless kita terbuka, pilih menu Wireless di bagian sebelah kiri dan kemudian pilih Wireless Settings. 

  3. Setelah itu kita akan melakukan bebrapa tahap untuk mengamankan jaringan wireless kita, tapi lihat gambarnya dulu y di bawah biar gak bingung :)



    1). Pastikan Enable Wireless Router Radio dan Enable Wireless SSID Broadcast tidak dichecklist. Ini gunanya agak signal wireless kita tidak terdeteksi oleh laptop atau pun handphone
    2) Beri tanda checklist pada Enable Wireless Security  untuk mengaftikan kemanan jaringannya
    3) Pada Security type pastikan anda memilih WPA-PSK or WPA2-PSK, dan jangan sekali-sekali menggunakan security type WEP (karna dapat dengan mudah di bobol keamanannya)
    4) Masukkan password yang kamu inginkan.
Dan kemudian klik save.

Berikut sedikit trik dari li untuk mengamankan jaringan wireless dirumah anda. Eits...tunggu dulu..dengan mengikuti langkah pada nomor 1, nantinya anda harus men-create koneksi wifi pada laptop anda untuk terhubung ke jaringan wireless anda. Tapi, jika anda tidak mampu men-create nya, untuk langkah 1 silahkan di lewatkan aja ya.. :)

Semoga bermanfaat... :)

Pembaca yang baik adalah orang yang mau meberikan masukan atas apa yang dibacanya ^_^
EmoticonEmoticon